CATEGORIES :   HOME    BIODATA    PHOTO GALLERY    

Monday, January 22, 2007

Tip & Trik Kuliah di IIT Roorkee India

Source from http://herymart.blogspot.com
Dari pengalaman selama kuliah di IIT Roorkee India, ada beberapa hal yang ingin saya bagikan untuk teman-teman di Indonesia yang akan menuntut ilmu di India pada umumnya dan IIT Roorkee pada khususnya. Seperti saya waktu sebelum berangkat ke India banyak pertanyaan dalam diri saya, diantaranya apa saja harus dipersiapkan sebelum berangkat, makanan di India bagaimana (baca : Cerita-Cerita Kenangan dari Roorkee), apa saja yang harus dibawa, berapa uang yang harus dipersiapkan dll.
Untuk pegawai dan karyawan Dept. PU, BUMN, BUMD dan departemen – departemen lain di bawah Dept. PU. bisa mendaftar dan mengikuti seleksi penerimaan di Pusbiktek Bandung dulu Pusdiktek (Klik disini) kalau ingin belajar di IIT Roorkee India. Biasanya tiap tahun diadakan seleksi untuk penerimaan mahasiswa baru dengan beasiswa dari Colombo Plan untuk saat ini.
Untuk materi kuliah di IIT Roorkee sangat padat, untuk semester 1 dan 2 akan disibukan dengan jadwal kuliah dari pagi sampai sore dan kadang-kadang akan ditambah sesuai dengan permintaan dosen yang bersangkutan. Kuliah dari jam 08.00 – 13.00 kemudian istirahat dan diteruskan lagi jam 15.00 – 17.00 setiap hari dari Senin sampai dengan Jum’at. Untuk itu pandai-pandailah menjaga kesehatan supaya bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Mata kuliah yang biasanya paling sulit adalah matematika dan Bahasa pemrograman C++, akan lebih baik kalau sebelum berangkat bisa mengikuti kursus dan memperdalam mata kuliah tersebut, yang tidak kalah pentingnya Bahasa Inggris tentunya, karena bahasa pengantar di kelas Bahasa Inggris. Untuk mata kuliah yang lain bisa dilihat di Web site IIT Roorkee (klik disini). Kuliah di IIT Roorkee sangat berat bagi Training Officer yang biasanya sudah lupa akan pelajaran dasar tentang matematika dan apalagi C++, untuk itu harus mempunyai mental yang kuat untuk bisa lulus, untuk diingat bahwa di IIT Roorkee menerapkan system Drop Out (DO), apabila kita di semester 1 nilai rata-rata indek prestasi tidak mencapai standart yaitu 5,5 maka kita tidak akan bisa meneruskan ke semester berikutnya dan akan dipulangkan. Pelajaran semester 1 paling berat karena kita masih dalam penyesuaian baik bahasa, cara pengajaran, budaya, iklim (summer & winter) dan makanan tentunya. Mental ini tidak boleh dianggap remeh, karena banyak yang stress ditengah jalan karena tidak kuat dengan tekanan batin. Rasa kangen dan pengen pulang selalu menghinggapi para mahasiswa, dan hal itu bisa mengganggu proses belajar, kalau kita tidak bisa mengatasinya. Maka dari itu persiapkanlah mental sebelum berangkat supaya apa yang kita lakukan tidak gagal di tengah jalan.
Barang-barang yang dibawa, karena keterbatasan Bagasi di pesawat yang dibolehkan hanya sebesar 20 kg, maka kita harus selektif dengan barang bawaan kita. Lebih baik bawa Rice Cooker dari Indonesia dengan ukuran kecil, di India ada tetapi kualitasnya kurang baik, biasanya nasi tidak tahan lama dan cepat kering kalau pakai rice cooker made in India. Hal ini penting karena kita biasanya tidak cocok dengan makanan India, yang pinter memasak bisa belanja bumbu di Pasar Roorkee, sedangkan yang tidak bisa memasak lebih baik bawa bumbu sachet dari Indonesia seperti bumbu rawon, gulai, soto, lodeh, royco dll. Ini akan membantu kita sebelum bisa menyesuaikan diri dengan makanan India. Mie Instant di India ada merk Way-way dan Maggi, lebih baik pilih yang rasa chicken, karena rasa yang lain kebanyakan tidak cocok dengan lidah orang Indonesia. Indomie ada tetapi harganya sangat mahal dan inipun tidak ada di Roorkee, hanya ada di Delhi (Ina Market) yang jaraknya 6 jam perjalanan dengan bus dari Roorkee.
Untuk baju di India harganya tidak jauh beda dengan Indonesia, relative murah, jadi bawa baju seperlunya dan kalau kurang bisa beli di India. Untuk buku di India sangat murah dan lengkap. Buku-buku teknik sangat banyak di Roorkee, harganya jauh dibawah harga di Indonesia. Sebagai contoh pernah suatu kali istri saya ingin beli buku tentang teknik pengolahan air limbah, di Indonesia harganya hampir mencapai Rp.400.000,00 itupun susah mencarinya, begitu saya carikan di Roorkee, buku tersebut harganya hanya Rp.180.000,00. Oleh sebab itu lebih baik buku mencari di India, jadi bawa buku seperlunya saja dari Indonesia tidak usah banyak-banyak. Kalkulator lebih baik bawa dari Indonesia yang FX4500 atau FX5000, hal ini akan membantu kita dalam matematika, dan di India tidak ada (belum pernah tahu). Kenapa saya menyarankan hanya FX4500 atau FX5000, kenapa tidak yang lebih bagus lagi, hal ini karena dalam ujian kita dilarang menggunakan kalkulator yang lebih canggih dari kalkulator tersebut. Bisa juga membawa kamus bahasa inggris elektronik (alphalink), kalau sewaktu-waktu butuh, dalam ujianpun kita diperbolehkan membawa kamus.
Komputer untuk semester 1 dan 2 belum diperlukan, karena semua tugas harus diselesaikan dengan tulisan tangan tidak boleh memakai computer supaya tidak copy paste, (jadi walaupun tugasnya nyontek minimal kita nulis sendiri hehehe, tapi janganlah budaya nyontek diikuti, karena kita akan rugi sendiri,dengan mengerjakan tugas sendiri akan membuat kita lebih mengerti mata kuliah tersebut), untuk akses Internet kita bisa memanfaatkan fasilitas kampus, gratis pemakaian internet, bagi yang membawa computer (laptop) bisa mendapat fasilitas sambungan internet di kamar masing-masing. Sedangkan kalau ingin menyewa computer harganya saat ini Rs.1.100 atau sekitar Rp.220.000,00 per bulan.
Untuk uang yang dibawa, bisa bawa uang seperlunya saja untuk dijalan, untuk keamanan daripada bawa uang cash terlalu banyak, lebih baik uangnya disimpan di Bank BCA atau BNI, jadi kita bawa kartu ATM nya saja, sehingga kita bisa mengambil uang di mesin ATM State Bank India (SBI) atau yang lainnya yang ada fasilitas cyrrus.
Terakhir, sebelum berangkat ke India, lebih baik hubungi para senior yang masih kuliah di Roorkee supaya kalau ada apa-apa bisa saling membantu.

NB.
Untuk mahasiswa yang mau berangkat ke Roorkee dan sekarang sudah lulus seleksi saya ucapkan selamat dan semoga berhasil.




4 comments:

Ownah said...

You write very well.

chitata said...

Nice post. Saya tertarik untuk ngambil S2 di India. Tapi magister manajemen. Kalo menurut anda pendidikan magister manajemen di India apa sama bagusnya dengan IT? Thanks.

Fikri Yathir said...

makasi
aku mau nanya, klo mau kuliah s1 di IIT roorkee?ujiannya gmn truz di mana?

makasi

Anonymous said...

kereennnn: http://www.beritadekho.com/2016/04/pengalaman-faiz-syauqi-kuliah-di-india.html